Sadi Suharto, S.Ag |
RPP KURIKULUM
2013
Sekolah : SD Negeri 1 Manggar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : II/1
Tema : Nabi Muhammad SAW Teladanku
(T1)
Sub Tema : Sikap Jujur Nabi Muhammad SAW (ST1)
Alokasi
Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
1.
|
2.1
Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maidah/5: 119
|
2.1.1 Berperilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
3.16
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
3.16.1 Menyebutkan
sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan benar
|
3.
|
4.16 Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw.
|
4.16.1 Menunjukkan sikap jujur dengan benar.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui tanya jawab, latihan, dan diskusi, peserta didik
dapat:
a. Berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
b. Menyebutkan sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan
benar
c. Menunjukkan sikap jujur dengan benar.
D. Materi
Pembelajaran
Sikap Jujur
Nabi Muhammad saw.
Ketika
bulan Rajab tiba, seluruh umat Islam tentunya teringat akan peristiwa isra dan mi’rajnya Rasulullah. Yaitu, perjalanan
Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil
Aqsa dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha dan kembali dengan membawa ‘pesan’ untuk menunaikan shalat lima waktu. Kejadian malam itu merupakan
ujian untuk umat Islam. Seberapa besarkah keyakinan mereka terhadap kejujuran Rasulullah dan risalah yang dibawanya?
Kini, yang
perlu menjadi pusat perhatian umat Islam hanya satu. Yaitu, pentingnya kejujuran. Kenapa Abu Bakar begitu meyakini
kejadian itu? Jawabannya hanya satu,
karena buah sifat jujur Rasulullah itu sendiri. Bukan cerita asing lagi bagaimana kejujuran Rasulullah
sebelum diangkat menjadi Rasul. Seluruh orang
Quraisy bahkan Abu Jahal, pembesar suku Quraisy sekali pun sangat mengakui
kejujuran Rasulullah. “Sesungguhnya kami tidak mendustaimu, hanya saja kami
mendustai ajaran yang kamu bawa.” demikian komentar Abu Jahal akan kejujuran
Rasulullah di hadapan suku Quraisy.
Bahkan,
jika dirunut lebih jauh dan mendalam. Khadijah, isteri Rasulullah yang selalu bersamanya, sungguh sangat mengagumi
kejujuran Rasulullah. Sehingga kata-kata
kekagumannya itu pun muncul bak air mengalir ketika Rasulullah menerima wahyu pertama kali,
“Bergembiralah, Demi Allah, Dia tidak akan menghinakanmu selama-lamanya. Demi Allah, seseungguhnya kamu adalah orang yang senantiasa menjalin hubungan
silaturahmi dan selalu berkata benar.” Kata
Khadijah sambil menenangkan Rasulullah yang begitu ketakutan setelah bertemu Jibril di Gua Hira.
Subhaanallah, sifat jujur Rasulullah bukan saja tampak dalam kondisi serius. Saat sedang bercanda, Rasulullah pun tetap konsisten
berperilaku jujur. Sebagaimana diriwayatkan
oleh Imam Tirmiżi, bahwa datang seorang perempuan yang sudah lanjut usia menemui Rasulullah dan memohon agar didoakan masuk surga. Lantas Rasulullah menjawab,
“Wahai ibu, sungguh surga itu tidak akan
dimasuki perempuan tua.” Kontan, perempuan tua itu menangis. Kemudian Rasulullah
berkata kembali, “Aku mendapat kabar bahwa tidak akan masuk surga perempuan
yang sudah tua, karena Allah mengatakan, “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka
(bidadari-bidadari) dengan langsung dan kami jadikan mereka gadis-gadis
perawan, penuh cinta dan sebaya umurnya”. (Q.S. al-Waqi‘ah /56: 35-37).
Seketika itu juga perempuan yang
menangis tadi pun tersenyum, dan mengetahui
bahwa di
dalam surga tidak ada lagi yang tua, semuanya dijadikan muda.
Karena itu,
Rasulullah senantiasa mengingatkan umatnya untuk selalu berkata jujur dan menjauhi sifat dusta. Rasulullah
berpesan, “Berperilaku jujurlah kamu. Sesungguhnya
kejujuran menuntun kepada kebaikan. Kebaikan menunjukkan jalan menuju surga. Setiap manusia yang selalu berkata jujur dan memilih kejujuran hingga ia ditulis
di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Jauhilah
kamu dari sifat sombong. Sesungguhnya kesombongan itu menuntun ke arah kedurhakaan. Kedurhakaan membawa ke neraka. Setiap manusia yang selalu berbohong dan
memilih kebohongan hingga tertulis di sisi
Allah sebagai pendusta.” Subhaanallah, Maha Suci Allah …
Mengikuti
sifat Rasulullah adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim.
“Katakanlah
(wahai Muhammad), Jika kamu benar-benar mencintai Allah ikutilah aku, niscaya Allah akan mengasihi dan mengampuni
dosa-dosamu.”
(Q.S. Ali
Imran /3: 31).
Dengan
jujur pada diri sendiri maka kita akan jujur pada apa-apa yang mengikuti kita, seperti malam mengikuti siang. Dan itu
akan berdampak hidup jujur di masyarakat.
Kejujuran akan membawa pada kemaslahatan umat. Dalam lingkungan pendidikan, misalnya di sekolah, anak jujur harus
dapat menjaga amanah, tidak suka berbuat curang, anak harus jujur terhadap
Allah Swt terhadap diri sendiri, terhadap orang tua, terhadap guru, terhadap
teman. Contoh lainnya jika mengerjakan soal ulangan, tidak suka menyontek dan berusaha untuk selalu dikerjakan
sendiri.
E. Metode
Pembelajaran
Model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di
antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui
gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian), (2)
diskusi dalam bentuk the educational-diagnose meeting artinya
peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling
mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar
masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar
pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
Multimedia
interaktif,
Gambar/poster, dan media lain
yang relevan.
2. Alat:
CD, proyektor, laptop, televisi,
vcd player, layar, dan alat lain
yang relevan.
3. Sumber Pembelajaran:
a.
Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kelas II.
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.
Memulai pembelajaran dengan
membaca al-Qur’an
surah
pendek
pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan
yang ditentukan sebelumnya).
c.
Memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
d.
Mengajukan pertanyaan secara
komunikatif berkaitan
dengan materi pelajaran.
e.
Menyampaikan kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Menyampaikan
tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan menyebutkan materi pelajaran
dengan benar.
g.
Mempersiapkan media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, gambar, jika
memungkinkan melalui tayangan slide
(media LCD projector).
|
20 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
1)
Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap jujur di lingkungan sekolah di dalam buku teks dan guru
memberikan petunjuk
secara teknis proses observasi.
2)
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami
kesulitan, guru
memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar mereka mencari tahu dengan cara menanya.
3)
Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4)
Pertanyaan peserta didik diinventarisir guru.
5)
Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6) Proses
mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan
dengan sistematis.
7)
Peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
8)
Selanjutnya guru memberi penjelasan tentang maksud gambar:
Siswa-siswa yang sedang bermain menemukan uang di halaman sekolah. Penemuan uang tersebut dilaporkan kepada
guru. Kemudian guru
mengumumkan siapakah yang merasa telah kehilangan uang.
9)
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw terkait sikap jujur.
10) Dari
hasil menyimak kisah tersebut, peserta didik diberikan
kesempatan
untuk bertanya baik secara individu maupun secara
berkelompok.
11)
Peserta didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Muhammad saw, sikap/perilaku jujur dengan
kehidupan nyata sehari-hari
(kontekstual).
12)
Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun
perwakilan
kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
13)
Selanjutnya ulangi langkah nomor 3 s.d. nomor 9 (observasi dengan cara menyimak)
14) Pada
rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu berkata dan berbuat jujur”
15)
Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu tentang aku anak jujur, dibimbing oleh guru.
16) Pada
rubrik “Ayo Kerjakan”
a)
Peserta didik secara sendiri-sendiri/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok mengamati dan menceritakan gambar tersebut
b)
Menentukan sikap yang harus dilaksanakan
17) Pada
rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Rubrik ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta
didik menilai
diri
sendiri. Namun penilaian itu akan menjadi bahan pengecekan baik oleh guru atau orang tua (rubrik interaksi guru
dan orang tua).
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
b.
Melaksanakan penilaian dan
refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya.
c.
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dengan memberikan tugas, baik secara individu maupun kelompok.
d.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pengayaan
Dalam
kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi,
diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa gambar yang
menceritakan perilaku jujur. Misalkan dengan mengamati gambar di samping.
Remedial
Bagi
peserta didik yang belum menguasai materi (mencapai KKM), guru menjelaskan
kembali materi kisah sikap jujur Nabi Muhammad saw (lihat di rubrik
pengembangan materi).
Selanjutnya
melakukan penilaian kembali (lihat poin 6) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan Remedial
dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam
pulang.
Interaksi Guru dan Orang tua
Guru
meminta peserta didik memperlihatkan rubrik “Insya Allah Aku Bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan
memberikan komentar dan paraf (halaman terakhir Pelajaran 1). Dapat juga dilakukan dengan menggunakan
buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua
untuk mengamati perilaku jujur anak dalam
keluarganya.
Misalnya orangt ua diminta mengamati perilaku jujur anaknya kepada saudaranya.
|
20
menit
|
H. Penilaian
1. Sikap spiritual (observasi)
a.
Jenis
Penilaian : Non Tes
b.
Teknik
Penilaian : Penilaian diri
c.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
d.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
|
Terlampir
|
2
|
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2. Sikap sosial (observasi)
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
Tanggungjawab
bersama
|
Terlampir
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3. Pengetahuan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian : Tes Lisan
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
d. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
Instrumen:
Terlampir
4.
Keterampilan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian : Kinerja
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian kinerja
d. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
|
|
Instrumen:
Terlampir
5. Tugas
·
Mengisi rubrik tugas kelompok tentang ...
Instrumen: Terlampir
6. Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan dalam ....
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
II
/ 1
|
|||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat
Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak
Setuju
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
NILAI
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH
SKOR
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
|
Skor
yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
|
|||||||||||
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Sosial)
Nama
Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
II/
1
|
|||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
antar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuat
kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap
penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
1
|
Memperlihatkan
adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Memperlihatkan
adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Memperlihatkan
adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Memperlihatkan
adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Memperlihatkan
adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
MK
MB
MT
BT
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
MK = Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT = Belum Terlihat
(apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
II
/ 1
|
|||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
|
|||||||||||
Indikator
|
:
|
|
|
|||||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Lisan
|
|||||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||||
Catatan kriteria:
a.
Sangat lancar: Apabila peserta didik dapat ...
b.
Lancar :
Apabila peserta didik dapat ...
c.
Sedang :
Apabila peserta didik dapat ...
d.
Kurang lancar: Apabila peserta didik dapat ...
e.
Tidak lancar
: Apabila peserta didik tidak dapat
...
|
||||||||||||||
Lampiran
4 : Instrumen Penilaian (Aspek
Keterampilan)
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
II
/ 1
|
|||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
|
|||||||||||
Indikator
|
:
|
|
|
|||||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
kinerja
|
|||||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
1.
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||||
Catatan kriteria:
1.
Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat ...
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat ...
3.
Sedang : Apabila peserta didik ...
4.
Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat ...
5. Tidak lancar :
Apabila peserta didik tidak dapat ...
|
||||||||||||||
Lampiran
5 : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V)
di kolom sudah atau belum
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
1.
|
|
|
|
2.
|
Sebelum berdo’a,
saya melafalkan Al-Khaliq
|
|
|
3.
|
dst…..
|
|
|
Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu, ...
Lampiran
6 : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
II
/ 1
|
||||||||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
|
||||||||
Indikator
|
:
|
|
|
||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Portofolio
|
||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
dan Orang tua
|
||||||||
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||||||
1.
|
Melafalkan Al-Khaliq dan maknanya dengan benar
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
Dst ....
|
|
|
|
|
|
|
||||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat ...
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat ...
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat ...
4. Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat ...
5.
Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak ...
|
|||||||||||
Catatan Orang tua:
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
Catatan Guru
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
|
|||||||||||
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Manggar
Hasyim Rifin,
S.Pd SD
NIP. 19600101 199412 1 001
|
Mangggar, 22 Juli 2014
Guru
PAI dan Budi Pekerti Kelas 5,
Sadi Suharto, S.Ag
NIP: 19770322 200604 1 003
|
Contoh RPP PAI Kelas V
Sekolah : SD Negeri 1 Manggar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Mari Belajar al-Qur’ān - Surah at-Tiin (T1)
Alokasi
Waktu : 4 x 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
|
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.4
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
3.3
Mengetahui makna Q.S. al-Ma’uun dan Q.S.at-Tiin dengan benar.
4.1
Membaca Q.S. al-Maa’uun dan Q.S.at-Tiin dengan tartil.
4.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maa’uun dan Q.S.at-Tiin dengan
baik dan benar.
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Maa’uun dan Q.S.at-Tiin dengan baik
dan benar.
4.4
Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
|
• Membaca
Q.S.at-Tiin dengan tartil.
• Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tiin.
•
Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tiin.
•
Mengetahui makna Q.S.at-Tiin dengan benar
•
Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
•
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
|
|
|
|
|
|
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui tanya jawab, latihan, dan diskusi, peserta didik
dapat:
• Membaca Q.S.at-Tiin dengan tartil.
• Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tiin.
• Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tiin.
• Mengetahui makna Q.S.at-Tiin dengan benar
• Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
• Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
D. Materi
Pembelajaran
Membaca Surah at-Tiin
Menghafal Surah at-Tiin
Menulis Surah at-Tiin
Makna Kandungan Surah at-Tiin
E. Metode
Pembelajaran
Model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di
antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui
gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian), (2)
diskusi dalam bentuk the educational-diagnose meeting artinya
peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling
mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar
masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar
pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
Multimedia
interaktif,
Gambar/poster, dan media lain
yang relevan.
2. Alat:
CD, proyektor, laptop, televisi,
vcd player, layar, dan alat lain
yang relevan.
3. Sumber Pembelajaran:
a.
Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kelas 5.
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.
Memulai pembelajaran dengan
membaca al-Qur’an
surah
pendek
pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan
yang ditentukan sebelumnya).
c.
Memperlihatkan kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
d.
Mengajukan pertanyaan secara
komunikatif berkaitan
dengan materi pelajaran.
e.
Menyampaikan kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Menyampaikan
tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan menyebutkan materi pelajaran
dengan benar.
g.
Mempersiapkan media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, gambar, jika
memungkinkan melalui tayangan slide
(media LCD projector).
|
20 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Sebelum
masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal
mencermati mengapa orang yang membaca al-Qur’an tergolong
manusia yang beruntung dan istimewa.
A . Membaca Surah at-T³n
1)
Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca al-Qur’an yang baik dan
benar.
2) Guru
menunjuk beberapa peserta didik sebagai model untuk membaca Q.S.at-Tiin.
3) Guru
memberikan penguatan dengan memberikan contoh membaca Q.S.at-Tiin yang benar.
4) Guru
melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan
tersebut secara bersama. Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik melafalkan Q.S.at-Tiin dengan benar.
5) Guru
kembali memberikan contoh bacaan Q.S.at-Tiin yang benar.
6)
Peserta didik menirukan bacaan Q.S.at-Tiin bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya.
Pada
bagian “Sikap Kebiasaanku: insya Allah aku selalu membaca al-Qur’an surah
at-Tiin,” guru memotivasi peserta didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.at-T³n
yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang dan
membiasakan diri untuk selalu membacanya.
B. Menghafal Surah at-Tiin
1) Guru
melafalkan dengan cara menghafal Q.S.at-Tiin dengan suara jelas ayat satu s.d dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak
dua sampai tiga kali).
2)
Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai ayat empat, ayat lima sampai ayat enam, dan ayat tujuh sampai ayat
delapan.
3)
Lakukan pola ayat satu sampai ayat empat (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
4)
Diteruskan pola ayat lima sampai ayat enam (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
5)
Selanjutnya pola ayat tujuh sampai ayat delapan (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
6) Pola
terakhir ayat satu s.d. delapan (satu surah utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak 2-3
kali). Bila belum
hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1) s.d. 6). Bila sudah banyak yang hafal secara
individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya.
Pada
bagian “Sikap Kebiasaanku: Insya Allah aku selalu menghafal al-Qur’an surah
at-Tiin,” guru memotivasi peserta didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.at-Tiin
yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang sampai
hafalanya semakin baik
dan benar.
C. Menulis Surah at-T³n
1) Guru
menulis kalimat Basmalah dan beberapa penggalan ayat Q.S.at-Tiin pada papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada tulisan tersebut untuk mengetahui posisi
rangkaian masing-masing hurufnya.
2) Pada
saat yang bersamaan, peserta didik diminta untuk mencermati cara penulisannya.
3) Guru
menunjuk peserta didik secara bergantian untuk mempraktikkan penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah
dicontohkan.
4) Guru
meminta agar semua peserta didik menyalin beberapa penggalan ayat tersebut secara berulang pada kertas lembaran.
Bila sudah banyak yang mampu menulis secara individual, peserta didik diminta untuk menyalin Q.S.at-Tiin pada buku tulis masing-masing.
Pada
bagian “Sikap Kebiasaanku: Insya Allah aku selalu berlatih menulis al-Qur’an
surah at-Tiin,” guru memotivasi peserta didik agar terus berlatih
menulis Q.S. at-Tiin secara berulang sampai dapat menulisnya
dengan baik dan benar.
D. Makna Kandungan Surah at-Tiin
1) Guru
membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membaca Q.S. at-T³n dan
mencermati artinya. (dalam kegiatan ini, bila memungkinkan guru dapat juga menyajikan buah tiin dan buah zaitμn di kelas)
2)
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan alasan mengapa surah ini dinamakan surah at-Tiin.
3)
Selanjutnya, secara berkelompok peserta didik mengamati gambar tentang buah tiin dan buah zaitμn serta mendiskusikan keterkaitannya dengan Q.S. at-Tiin.
4) Setiap
kelompok menuliskan hasil pencermatannya dan diskusinya serta menyampaikannya di depan kelompok lain.
5) Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap apa yang dikemukakan oleh masing-masing kelompok.
6)
Peserta didik secara berkelompok diberikan tugas untuk berdiskusi tentang pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S.
at-Tiin.
7) Secara
bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan
memberikan tanggapan.
8) Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
b.
Melaksanakan penilaian dan
refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya.
c.
Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dengan memberikan tugas, baik secara individu maupun kelompok.
d.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pengayaan
Dalam
kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta untuk mendampingi temannya (tutor
sebaya) melancarkan bacaan, hafalan dan tulisan Q.S. at-Tiin.
Remedial
Jika
terdapat peserta didik yang belum lancar membaca, menghafal, dan menulis, serta belum memahami kandungan Q.S. at-Tiin, guru memberikan kembali contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Q.S. at-Tiin yang benar (belum
mencapai KKM pada kurun waktu yang telah ditentukan). Peserta didik mendapatkan tambahan jam untuk belajar lagi cara
membaca, menghafal dan menulis yang benar dan menirukannya secara berulang. Selanjutnya,
memberikan pemahaman
kembali tentang kandungan Q.S. at-Tiin melalui berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang
disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang. (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5)
Interaksi
guru dengan orang tua
Guru
meminta peserta didik memperlihatkan bagian “Ayo Berlatih,” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan
komentar dan paraf. Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar
infomasi. Selanjutnya orang tua mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. at-Tiin di rumah.
|
20
menit
|
H. Penilaian
1. Sikap spiritual (observasi)
a.
Jenis
Penilaian : Non Tes
b.
Teknik
Penilaian : Penilaian diri
c.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
d.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
|
Terlampir
|
2
|
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2. Sikap sosial (observasi)
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
Tanggungjawab
bersama
|
Terlampir
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3. Pengetahuan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian : Tes Lisan
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
d. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
Instrumen:
Terlampir
4. Keterampilan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian : Kinerja
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian kinerja
d. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
|
|
Instrumen:
Terlampir
5. Tugas
·
Mengisi rubrik tugas kelompok tentang ...
Instrumen: Terlampir
6. Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan dalam ....
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
5
/ 1
|
|||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat
Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak
Setuju
|
||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
NILAI
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH
SKOR
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
|
Skor
yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
|
|||||||||||
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Sosial)
Nama
Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
5/
1
|
|||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
antar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuat
kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap
penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
1
|
Memperlihatkan
adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Memperlihatkan
adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Memperlihatkan
adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Memperlihatkan
adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Memperlihatkan
adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
MK
MB
MT
BT
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
MK = Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT = Belum Terlihat
(apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
5
/ 1
|
|||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
|
|||||||||||
Indikator
|
:
|
|
|
|||||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Lisan
|
|||||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||||
Catatan kriteria:
a.
Sangat lancar: Apabila peserta didik dapat ...
b.
Lancar :
Apabila peserta didik dapat ...
c.
Sedang :
Apabila peserta didik dapat ...
d.
Kurang lancar: Apabila peserta didik dapat ...
e.
Tidak lancar
: Apabila peserta didik tidak dapat
...
|
||||||||||||||
Lampiran
4 : Instrumen Penilaian (Aspek
Keterampilan)
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
5/
1
|
|||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
|
|||||||||||
Indikator
|
:
|
|
|
|||||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
kinerja
|
|||||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
1.
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||||
Catatan kriteria:
1.
Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat ...
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat ...
3.
Sedang : Apabila peserta didik dapat ...
4.
Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat ...
5. Tidak lancar :
Apabila peserta didik tidak dapat ...
|
||||||||||||||
Lampiran
5 : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V)
di kolom sudah atau belum
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
1.
|
|
|
|
2.
|
Sebelum berdo’a,
saya melafalkan ...
|
|
|
3.
|
dst…..
|
|
|
Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu, ...
Lampiran
6 : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
5
/ 1
|
||||||||
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
|
||||||||
Indikator
|
:
|
|
|
||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Portofolio
|
||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
dan Orang tua
|
||||||||
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
Dst ....
|
|
|
|
|
|
|
||||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat ...
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat ...
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat ...
4. Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat ...
5.
Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak ...
|
|||||||||||
Catatan Orang tua:
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
Catatan Guru
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
|
|||||||||||
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Manggar
Hasyim Rifin,
S.Pd SD
NIP. 19600101 199412 1 001
|
Mangggar, 22 Juli 2014
Guru
PAI dan Budi Pekerti Kelas 5,
Sadi Suharto, S.Ag
NIP: 19770322 200604 1 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar