Sabtu, 13 September 2014

RPP PAI Kurikulum 2013

Sadi Suharto, S.Ag

RPP KURIKULUM 2013

Contoh RPP PAI Kelas II

Sekolah              : SD Negeri 1 Manggar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : II/1
Tema                  : Nabi Muhammad SAW Teladanku (T1)
Sub Tema           : Sikap Jujur Nabi Muhammad SAW (ST1)
Alokasi Waktu  : 1 x 4 Jam Pelajaran

A. Kompetensi Inti
     KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
     KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
     KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    KI-4            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Maidah/5: 119
2.1.1 Berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
2.
 3.16 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.16.1 Menyebutkan sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan benar
3.
4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.16.1 Menunjukkan sikap jujur dengan benar.

C. Tujuan Pembelajaran
      Melalui tanya jawab, latihan, dan diskusi, peserta didik dapat:  
      a. Berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
      b. Menyebutkan sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan benar
      c. Menunjukkan sikap jujur dengan benar.

D. Materi Pembelajaran
Sikap Jujur Nabi Muhammad saw.
Ketika bulan Rajab tiba, seluruh umat Islam tentunya teringat akan peristiwa isra dan mi’rajnya Rasulullah. Yaitu, perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha dan kembali dengan membawa ‘pesan’ untuk menunaikan shalat lima waktu. Kejadian malam itu merupakan ujian untuk umat Islam. Seberapa besarkah keyakinan mereka terhadap kejujuran Rasulullah dan risalah yang dibawanya?
Kini, yang perlu menjadi pusat perhatian umat Islam hanya satu. Yaitu, pentingnya kejujuran. Kenapa Abu Bakar begitu meyakini kejadian itu? Jawabannya hanya satu, karena buah sifat jujur Rasulullah itu sendiri. Bukan cerita asing lagi bagaimana kejujuran Rasulullah sebelum diangkat menjadi Rasul. Seluruh orang Quraisy bahkan Abu Jahal, pembesar suku Quraisy sekali pun sangat mengakui kejujuran Rasulullah. “Sesungguhnya kami tidak mendustaimu, hanya saja kami mendustai ajaran yang kamu bawa.” demikian komentar Abu Jahal akan kejujuran Rasulullah di hadapan suku Quraisy.
Bahkan, jika dirunut lebih jauh dan mendalam. Khadijah, isteri Rasulullah yang selalu bersamanya, sungguh sangat mengagumi kejujuran Rasulullah. Sehingga kata-kata kekagumannya itu pun muncul bak air mengalir ketika Rasulullah menerima wahyu pertama kali, “Bergembiralah, Demi Allah, Dia tidak akan menghinakanmu selama-lamanya. Demi Allah, seseungguhnya kamu adalah orang yang senantiasa menjalin hubungan silaturahmi dan selalu berkata benar.” Kata Khadijah sambil menenangkan Rasulullah yang begitu ketakutan setelah bertemu Jibril di Gua Hira.
Subhaanallah, sifat jujur Rasulullah bukan saja tampak dalam kondisi serius. Saat sedang bercanda, Rasulullah pun tetap konsisten berperilaku jujur. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Tirmiżi, bahwa datang seorang perempuan yang sudah lanjut usia menemui Rasulullah dan memohon agar didoakan masuk surga. Lantas Rasulullah menjawab, “Wahai ibu, sungguh surga itu tidak akan dimasuki perempuan tua.” Kontan, perempuan tua itu menangis. Kemudian Rasulullah berkata kembali, “Aku mendapat kabar bahwa tidak akan masuk surga perempuan yang sudah tua, karena Allah mengatakan, “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta dan sebaya umurnya”. (Q.S. al-Waqi‘ah /56: 35-37). Seketika itu juga perempuan yang menangis tadi pun tersenyum, dan mengetahui
bahwa di dalam surga tidak ada lagi yang tua, semuanya dijadikan muda.
Karena itu, Rasulullah senantiasa mengingatkan umatnya untuk selalu berkata jujur dan menjauhi sifat dusta. Rasulullah berpesan, “Berperilaku jujurlah kamu. Sesungguhnya kejujuran menuntun kepada kebaikan. Kebaikan menunjukkan jalan menuju surga. Setiap manusia yang selalu berkata jujur dan memilih kejujuran hingga ia ditulis di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Jauhilah kamu dari sifat sombong. Sesungguhnya kesombongan itu menuntun ke arah kedurhakaan. Kedurhakaan membawa ke neraka. Setiap manusia yang selalu berbohong dan memilih kebohongan hingga tertulis di sisi Allah sebagai pendusta.” Subhaanallah, Maha Suci Allah …
Mengikuti sifat Rasulullah adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim.

Katakanlah (wahai Muhammad), Jika kamu benar-benar mencintai Allah ikutilah aku, niscaya Allah akan mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.
(Q.S. Ali Imran /3: 31).

Dengan jujur pada diri sendiri maka kita akan jujur pada apa-apa yang mengikuti kita, seperti malam mengikuti siang. Dan itu akan berdampak hidup jujur di masyarakat. Kejujuran akan membawa pada kemaslahatan umat. Dalam lingkungan pendidikan, misalnya di sekolah, anak jujur harus dapat menjaga amanah, tidak suka berbuat curang, anak harus jujur terhadap Allah Swt terhadap diri sendiri, terhadap orang tua, terhadap guru, terhadap teman. Contoh lainnya jika mengerjakan soal ulangan, tidak suka menyontek dan berusaha untuk selalu dikerjakan sendiri.

E. Metode Pembelajaran
Model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnose meeting artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
    Multimedia interaktif, Gambar/poster, dan media lain yang relevan.
2. Alat:
    CD, proyektor, laptop, televisi, vcd player, layar, dan alat lain yang relevan.
3. Sumber Pembelajaran:
a.       Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kelas II.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya).
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi pelajaran.
e.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan menyebutkan materi pelajaran dengan benar.
g.    Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, gambar, jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).

20 menit
2.
Kegiatan Inti
1) Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap jujur di lingkungan sekolah di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar mereka mencari tahu dengan cara menanya.
3) Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4) Pertanyaan peserta didik diinventarisir guru.
5) Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6) Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan sistematis.
7) Peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
8) Selanjutnya guru memberi penjelasan tentang maksud gambar:
Siswa-siswa yang sedang bermain menemukan uang di halaman sekolah. Penemuan uang tersebut dilaporkan kepada guru. Kemudian guru mengumumkan siapakah yang merasa telah kehilangan uang.
9) Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw terkait sikap jujur.
10) Dari hasil menyimak kisah tersebut, peserta didik diberikan
kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara
berkelompok.
11) Peserta didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Muhammad saw, sikap/perilaku jujur dengan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
12) Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun
perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
13) Selanjutnya ulangi langkah nomor 3 s.d. nomor 9 (observasi dengan cara menyimak)
14) Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu berkata dan berbuat jujur”
15) Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu tentang aku anak jujur, dibimbing oleh guru.
16) Pada rubrik “Ayo Kerjakan”
a) Peserta didik secara sendiri-sendiri/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok mengamati dan menceritakan gambar tersebut
b) Menentukan sikap yang harus dilaksanakan
17) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda () pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Rubrik ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik menilai
diri sendiri. Namun penilaian itu akan menjadi bahan pengecekan baik oleh guru atau orang tua (rubrik interaksi guru dan orang tua).

100 menit
3.
Penutup
a.    Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
b.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
c.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas, baik secara individu maupun kelompok.
d.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa gambar yang menceritakan perilaku jujur. Misalkan dengan mengamati gambar di samping.

Remedial
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi (mencapai KKM), guru menjelaskan kembali materi kisah sikap jujur Nabi Muhammad saw (lihat di rubrik pengembangan materi).
Selanjutnya melakukan penilaian kembali (lihat poin 6) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan Remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

Interaksi Guru dan Orang tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan rubrik “Insya Allah Aku Bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf (halaman terakhir Pelajaran 1). Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku jujur anak dalam
keluarganya. Misalnya orangt ua diminta mengamati perilaku jujur anaknya kepada saudaranya.

20 menit


H. Penilaian
     1. Sikap spiritual (observasi)
a.         Jenis Penilaian                  : Non Tes
b.         Teknik Penilaian               : Penilaian diri
c.         Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
d.        Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1

Terlampir
2

Terlampir
Instrumen: Terlampir

      2. Sikap sosial (observasi)
a.    Jenis Penilaian        : Non Tes
b.      Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
c.      Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.     Kisi-kisi:


No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kerjasama
Terlampir
  1.  
Kekompakkan
Terlampir
  1.  
Tanggungjawab bersama
Terlampir
  1.  
Inisiatif
Terlampir
  1.  
Disiplin
Terlampir
Instrumen: Terlampir

         3. Pengetahuan
                            a.     Jenis Penilaian      : Tes
                           b.     Teknik Penilaian   : Tes Lisan
                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                           d.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.


2.


3.


Instrumen: Terlampir

      4. Keterampilan
a.    Jenis Penilaian        : Tes
b.    Teknik Penilaian     : Kinerja
c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian kinerja
d.   Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1


Instrumen: Terlampir

      5. Tugas
·      Mengisi rubrik tugas kelompok tentang ...
     Instrumen: Terlampir

      6. Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam ....

LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
II / 1
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Guru

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1







2
NILAI






JUMLAH SKOR
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR



Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...                                      
Skor maksimal






Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
II/ 1
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.       Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.       Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                                     
Skormaksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).



Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

Kelas / Semester
:

II / 1
Kompetensi Dasar
:


Indikator
:



Teknik Penilaian
:

Lisan
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
















RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.







2.







3.







JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                          
Skor maksimal


Catatan kriteria:
a.       Sangat lancar:   Apabila peserta didik dapat ...
b.      Lancar          :   Apabila peserta didik dapat ...
c.       Sedang         :   Apabila peserta didik dapat ...
d.      Kurang lancar:  Apabila peserta didik dapat ...
e.       Tidak lancar :   Apabila peserta didik tidak dapat ...


Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)

Kelas / Semester
:

II / 1
Kompetensi Dasar
:


Indikator
:


Teknik Penilaian
:

kinerja
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.







RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.







JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.     Sangat lancar         : Apabila peserta didik dapat ...
2.     Lancar                   :  Apabila peserta didik dapat ...
3.     Sedang                  :  Apabila peserta didik ...
4.     Kurang lancar       :  Apabila peserta didik dapat ...
5.  Tidak lancar          :  Apabila peserta didik tidak dapat ...


Lampiran 5     : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.



2.
Sebelum berdo’a, saya melafalkan Al-Khaliq


3.
dst…..



Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu, ...

Lampiran 6     : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas / Semester
:

II / 1
Kompetensi Dasar
:


Indikator
:


Teknik Penilaian
:

Portofolio
Penilai
:

Guru dan Orang tua
No.
Kegiatan
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Melafalkan Al-Khaliq dan maknanya dengan benar






2.
Dst ....






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1. Sangat lancar         :  Apabila peserta didik dapat ...
2. Lancar                   :   Apabila peserta didik dapat ...
3. Sedang                  :   Apabila peserta didik dapat ...
4. Kurang lancar        :  Apabila peserta didik dapat ...
5. Tidak lancar           :  Apabila peserta didik tidak ...
Catatan Orang tua:
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

Catatan Guru
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................






Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Manggar



Hasyim Rifin, S.Pd SD
NIP. 19600101 199412 1 001

Mangggar, 22 Juli 2014
Guru PAI dan Budi Pekerti Kelas 5,



Sadi Suharto, S.Ag
NIP: 19770322 200604 1 003














Contoh RPP PAI Kelas V

Sekolah              : SD Negeri 1 Manggar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : 5/1
Tema                  : Mari Belajar al-Qur’ān - Surah at-Tiin (T1)
Alokasi Waktu  : 4 x 4 Jam Pelajaran

A. Kompetensi Inti
     KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
     KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
     KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    KI-4            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
3.3 Mengetahui makna Q.S. al-Ma’uun dan Q.S.at-Tiin dengan benar.
4.1 Membaca Q.S. al-Maa’uun dan Q.S.at-Tiin dengan tartil.
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Maa’uun dan Q.S.at-Tiin dengan baik dan benar.
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Maa’uun dan Q.S.at-Tiin dengan baik dan benar.
4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
• Membaca Q.S.at-Tiin dengan tartil.
• Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tiin.
• Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tiin.
• Mengetahui makna Q.S.at-Tiin dengan benar
• Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
• Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.






C. Tujuan Pembelajaran
      Melalui tanya jawab, latihan, dan diskusi, peserta didik dapat:  
      • Membaca Q.S.at-Tiin dengan tartil.
      • Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tiin.
      • Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tiin.
      • Mengetahui makna Q.S.at-Tiin dengan benar
• Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.
• Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tiin.

D. Materi Pembelajaran
     Membaca Surah at-Tiin
     Menghafal Surah at-Tiin
     Menulis Surah at-Tiin
     Makna Kandungan Surah at-Tiin

E. Metode Pembelajaran
Model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnose meeting artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
    Multimedia interaktif, Gambar/poster, dan media lain yang relevan.
2. Alat:
    CD, proyektor, laptop, televisi, vcd player, layar, dan alat lain yang relevan.
3. Sumber Pembelajaran:
a.       Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kelas 5.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya).
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi pelajaran.
e.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan menyebutkan materi pelajaran dengan benar.
g.    Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, gambar, jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).

20 menit
2.
Kegiatan Inti
Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal mencermati mengapa orang yang membaca al-Qur’an tergolong manusia yang beruntung dan istimewa.
A . Membaca Surah at-T³n
1) Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar.
2) Guru menunjuk beberapa peserta didik sebagai model untuk membaca Q.S.at-Tiin.
3) Guru memberikan penguatan dengan memberikan contoh membaca Q.S.at-Tiin yang benar.
4) Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama. Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik melafalkan Q.S.at-Tiin dengan benar.
5) Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S.at-Tiin yang benar.
6) Peserta didik menirukan bacaan Q.S.at-Tiin bersama-sama, selanjutnya ditunjuk beberapa peserta didik untuk membacanya.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: insya Allah aku selalu membaca al-Qur’an surah at-Tiin,” guru memotivasi peserta didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.at-T³n yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang dan membiasakan diri untuk selalu membacanya.

B. Menghafal Surah at-Tiin
1) Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S.at-Tiin dengan suara jelas ayat satu s.d dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak dua sampai tiga kali).
2) Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga sampai ayat empat, ayat lima sampai ayat enam, dan ayat tujuh sampai ayat delapan.
3) Lakukan pola ayat satu sampai ayat empat (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
4) Diteruskan pola ayat lima sampai ayat enam (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
5) Selanjutnya pola ayat tujuh sampai ayat delapan (lakukan sebanyak dua-tiga kali).
6) Pola terakhir ayat satu s.d. delapan (satu surah utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). Bila belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1) s.d. 6). Bila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: Insya Allah aku selalu menghafal al-Qur’an surah at-Tiin,” guru memotivasi peserta didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.at-Tiin yang benar dari salah satu audio seperti radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang sampai hafalanya semakin baik
dan benar.

C. Menulis Surah at-T³n
1) Guru menulis kalimat Basmalah dan beberapa penggalan ayat Q.S.at-Tiin pada papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada tulisan tersebut untuk mengetahui posisi rangkaian masing-masing hurufnya.
2) Pada saat yang bersamaan, peserta didik diminta untuk mencermati cara penulisannya.
3) Guru menunjuk peserta didik secara bergantian untuk mempraktikkan penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah dicontohkan.
4) Guru meminta agar semua peserta didik menyalin beberapa penggalan ayat tersebut secara berulang pada kertas lembaran. Bila sudah banyak yang mampu menulis secara individual, peserta didik diminta untuk menyalin Q.S.at-Tiin pada buku tulis masing-masing.
Pada bagian “Sikap Kebiasaanku: Insya Allah aku selalu berlatih menulis al-Qur’an surah at-Tiin,” guru memotivasi peserta didik agar terus berlatih menulis Q.S. at-Tiin secara berulang sampai dapat menulisnya dengan baik dan benar.

D. Makna Kandungan Surah at-Tiin
1) Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membaca Q.S. at-T³n dan mencermati artinya. (dalam kegiatan ini, bila memungkinkan guru dapat juga menyajikan buah tiin dan buah zaitμn di kelas)
2) Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan alasan mengapa surah ini dinamakan surah at-Tiin.
3) Selanjutnya, secara berkelompok peserta didik mengamati gambar tentang buah tiin dan buah zaitμn serta mendiskusikan keterkaitannya dengan Q.S. at-Tiin.
4) Setiap kelompok menuliskan hasil pencermatannya dan diskusinya serta menyampaikannya di depan kelompok lain.
5) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap apa yang dikemukakan oleh masing-masing kelompok.
6) Peserta didik secara berkelompok diberikan tugas untuk berdiskusi tentang pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S. at-Tiin.
7) Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
8) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.

100 menit
3.
Penutup
a.    Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
b.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
c.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas, baik secara individu maupun kelompok.
d.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta untuk mendampingi temannya (tutor sebaya) melancarkan bacaan, hafalan dan tulisan Q.S. at-Tiin.

Remedial
Jika terdapat peserta didik yang belum lancar membaca, menghafal, dan menulis, serta belum memahami kandungan Q.S. at-Tiin, guru memberikan kembali contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Q.S. at-Tiin yang benar (belum mencapai KKM pada kurun waktu yang telah ditentukan). Peserta didik mendapatkan tambahan jam untuk belajar lagi cara membaca, menghafal dan menulis yang benar dan menirukannya secara berulang. Selanjutnya, memberikan pemahaman kembali tentang kandungan Q.S. at-Tiin melalui berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang. (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5)

Interaksi guru dengan orang tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan bagian “Ayo Berlatih,” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar infomasi. Selanjutnya orang tua mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. at-Tiin di rumah.

20 menit


H. Penilaian
     1. Sikap spiritual (observasi)
a.         Jenis Penilaian                  : Non Tes
b.         Teknik Penilaian               : Penilaian diri
c.         Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
d.        Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1

Terlampir
2

Terlampir
Instrumen: Terlampir

      2. Sikap sosial (observasi)
a.    Jenis Penilaian        : Non Tes
b.      Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
c.      Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.     Kisi-kisi:


No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kerjasama
Terlampir
  1.  
Kekompakkan
Terlampir
  1.  
Tanggungjawab bersama
Terlampir
  1.  
Inisiatif
Terlampir
  1.  
Disiplin
Terlampir
Instrumen: Terlampir

         3. Pengetahuan
                            a.     Jenis Penilaian      : Tes
                           b.     Teknik Penilaian   : Tes Lisan
                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                           d.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.


2.


3.


Instrumen: Terlampir

      4. Keterampilan
a.    Jenis Penilaian        : Tes
b.    Teknik Penilaian     : Kinerja
c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian kinerja
d.   Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1


Instrumen: Terlampir

      5. Tugas
·      Mengisi rubrik tugas kelompok tentang ...
     Instrumen: Terlampir

      6. Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam ....

LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
5 / 1
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Guru

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1







2
NILAI






JUMLAH SKOR
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR



Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...                                      
Skor maksimal






Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
5/ 1
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.       Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.       Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                                     
Skor maksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).



Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

Kelas / Semester
:

5 / 1
Kompetensi Dasar
:


Indikator
:



Teknik Penilaian
:

Lisan
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
















RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.







2.







3.







JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                     
Skor maksimal


Catatan kriteria:
a.       Sangat lancar:   Apabila peserta didik dapat ...
b.      Lancar          :   Apabila peserta didik dapat ...
c.       Sedang         :   Apabila peserta didik dapat ...
d.      Kurang lancar:  Apabila peserta didik dapat ...
e.       Tidak lancar :   Apabila peserta didik tidak dapat ...


Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)

Kelas / Semester
:

5/ 1
Kompetensi Dasar
:


Indikator
:


Teknik Penilaian
:

kinerja
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.







RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.







JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.     Sangat lancar         : Apabila peserta didik dapat ...
2.     Lancar                   :  Apabila peserta didik dapat ...
3.     Sedang                  :  Apabila peserta didik dapat ...
4.     Kurang lancar       :  Apabila peserta didik dapat ...
5.  Tidak lancar          :  Apabila peserta didik tidak dapat ...


Lampiran 5     : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.



2.
Sebelum berdo’a, saya melafalkan ...


3.
dst…..



Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu, ...

Lampiran 6     : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas / Semester
:

5 / 1
Kompetensi Dasar
:


Indikator
:


Teknik Penilaian
:

Portofolio
Penilai
:

Guru dan Orang tua
No.
Kegiatan
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.







2.
Dst ....






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1. Sangat lancar         :  Apabila peserta didik dapat ...
2. Lancar                   :   Apabila peserta didik dapat ...
3. Sedang                  :   Apabila peserta didik dapat ...
4. Kurang lancar        :  Apabila peserta didik dapat ...
5. Tidak lancar           :  Apabila peserta didik tidak ...
Catatan Orang tua:
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

Catatan Guru
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................



Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Manggar



Hasyim Rifin, S.Pd SD
NIP. 19600101 199412 1 001

Mangggar, 22 Juli 2014
Guru PAI dan Budi Pekerti Kelas 5,



Sadi Suharto, S.Ag
NIP: 19770322 200604 1 003























Tidak ada komentar:

Posting Komentar