Sadi Suharto, S.Ag |
BAB I
PROFIL SEKOLAH
A.
Letak Sekolah
SD Negeri 1 Manggar beralamat di jalan Gajah Mada Desa
Lalang Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Terletak di Ibu kota
Kabupaten yang merupakan salah satu sekolah yang ada di Propinsi Kepulauan
Bangka Belitung.
Guru-Guru SD Negeri 1 Manggar |
Dengan
memiliki fasilitas pendukung belajar
80% telah memenuhi standar Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN) yaitu:
1.
Memiliki 1 ruang laboratorium komputer dengan 20 unit
komputer.
2.
Memiliki 1 ruang laboratorium IPA lengkap.
3.
Memiliki 1 ruang perpustakaan lengkap.
4.
Memiliki 1 ruang UKS.
5.
Memiliki 1 ruang media pembelajaran cukup lengkap.
6.
Memiliki 1 ruang khusus untuk pembinaan Imtaq siswa.
7.
Memiliki 1 ruang khusus untuk kegiatan siswa sekaligus
dipakai sebagai ruang pertemuan.
8.
Memiliki 1 ruang kantin sekolah yang Jujur
dan sehat.
9.
Memiliki 1 ruang laboratorium Bahasa
10.
Memiliki 22 buah CCTV
Disamping
itu juga tersedia fasilitas sarana air
bersih ( bentuk sumur bor ) dan lokasi sekolah berada di
lingkungan masyarakat yang aman dan letak sekolah di ibukota kabupaten Belitung
Timur.
B. Identitas Sekolah
a.
Nama Sekolah : SD Negeri 1 Manggar
b.
N S S : 101290603001
c.
N P S N : 10901051
d.
Alamat :
2) Desa/kelurahan : Lalang
3) Kecamatan : Manggar
4) Kabupaten : Belitung
Tmur
5) Propinsi :
Kepulauan Bangka Belitung
6) Kode Pos : 33472
7) Telepon :
(0719)91341
e.
Status Sekolah :
Negeri
f.
Waktu Penyelengara : Pagi
g.
Gugus Sekolah :
Sekolah Inti
h.
Kategori Sekolah : SDSN
i.
Akreditasi Sekolah : B
j.
Tahun Pendirian : 1974
k.
Status Kepemilikan : Pemerintah Daerah
C.
Data Pimpinan
a.
Nama Pimpinan :
Hasyim Rifin S.Pd SD
b.
N I P :
19600101 199412 1 001
c.
Pangkat/Golongan : Pembina/ IVa
d.
Nomor SK Kepsek : 188.45-430 Tahun 2014
e.
Pejabat yang Mengangkat : Bupati Belitung Timur
f.
Tanggal :
2 Juni 2014
a.
Data Guru
1) Jumlah Guru : 18 orang
2) Jumlah Tenaga Kependidikan : 3 orang
Jenis Guru
|
Jenis Kelamin
|
PNS
|
Non PNS
|
Pendidikan
|
Golongan
|
||||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
SLTA
|
D.II
|
D.III
|
S.1
|
II
|
III
|
IV
|
|
Guru kelas
|
3
|
8
|
3
|
8
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11
|
3
|
5
|
3
|
Guru Mata Pelajaran
|
|||||||||||||
Penjas
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
Ag. Islam
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
2
|
-
|
Ag. Kresten
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
Bhs Inggris
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
Komputer
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
SBK
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
8
|
10
|
6
|
10
|
2
|
-
|
1
|
-
|
1
|
16
|
3
|
10
|
3
|
Total
|
18
|
16
|
2
|
18
|
16
|
b.
Tenaga Kependidikan
Jenis Pegawai
|
Jenis Kelamin
|
PNS
|
Non PNS
|
Pendidikan
|
Golongan
|
||||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
SLTA
|
D.II
|
D.III
|
S.1
|
II
|
III
|
IV
|
|
Administrasi
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Petugas Perpustakaan
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Satpam Sekolah
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
1
|
2
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
Total
|
3
|
1
|
2
|
2
|
1
|
c.
Data Siswa
1)
Tahun Pelajaran 2009/2010
Kelas
|
Rombel
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
I
|
2
|
18
|
22
|
40
|
II
|
1
|
12
|
15
|
27
|
III
|
1
|
9
|
24
|
33
|
IV
|
2
|
24
|
22
|
46
|
V
|
2
|
22
|
19
|
41
|
VI
|
1
|
8
|
21
|
39
|
Jumlah
|
9
|
93
|
123
|
216
|
2)
Tahun Pelajaran 2010/2011
Kelas
|
Rombel
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
I
|
2
|
22
|
29
|
51
|
II
|
2
|
19
|
22
|
41
|
III
|
1
|
9
|
24
|
33
|
IV
|
2
|
24
|
22
|
46
|
V
|
2
|
22
|
19
|
41
|
VI
|
1
|
8
|
21
|
29
|
Jumlah
|
9
|
93
|
123
|
216
|
3)
Tahun Pelajaran 2011/2012
Kelas
|
Rombel
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
I
|
2
|
24
|
28
|
52
|
II
|
2
|
19
|
31
|
50
|
III
|
2
|
19
|
22
|
41
|
IV
|
1
|
14
|
17
|
31
|
V
|
2
|
10
|
25
|
35
|
VI
|
2
|
24
|
19
|
43
|
Jumlah
|
11
|
110
|
142
|
252
|
4)
Tahun Pelajaran 2012/2013
Kelas
|
Rombel
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
I
|
2
|
24
|
32
|
56
|
II
|
2
|
23
|
28
|
51
|
III
|
2
|
21
|
30
|
51
|
IV
|
2
|
18
|
20
|
38
|
V
|
2
|
15
|
16
|
31
|
VI
|
2
|
11
|
24
|
35
|
Jumlah
|
12
|
112
|
150
|
262
|
5) Tahun Pelajaran 2013/2014
Kelas
|
Rombel
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
I
|
2
|
27
|
34
|
61
|
II
|
2
|
24
|
29
|
53
|
III
|
2
|
18
|
31
|
49
|
IV
|
2
|
22
|
30
|
52
|
V
|
2
|
20
|
19
|
39
|
VI
|
1
|
15
|
16
|
31
|
Jumlah
|
11
|
126
|
159
|
285
|
d.
Sarana dan Prassarana Sekolah
No.
|
Ruang/Gedung
|
Jumlah
|
Luas (M2)
|
1.
|
Ruang Kelas
|
12
|
672
|
2.
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
56
|
3.
|
Ruang UKS
|
1
|
42
|
4.
|
Ruang Lab. Komputer
|
1
|
56
|
5.
|
Ruang Lab. IPA
|
1
|
56
|
6.
|
Ruang Lab. Bahasa
|
1
|
96
|
7.
|
Ruang Guru
|
1
|
56
|
8.
|
Ruang Kegiatan Ibadah
|
1
|
56
|
9.
|
Ruang Media
|
1
|
56
|
10.
|
Ruang kantin
|
1
|
20
|
11.
|
WC
|
12
|
84
|
12.
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
40
|
E.
Tujuan Pendidikan Sekolah
a.
Tujuan
Pendidikan
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan
dasar dan menengah dirumuskan dengan mengacu kepada tujuan umum pendidikan
sebagai berikut :
“Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.”
b.
Tujuan
Sekolah
a) Tujuan
Umum Pendidikan SD Negeri 1 Manggar Belitung Timur
1.
Mengantarkan Peserta didik yang beriman dan
bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
2.
Memberikan bekal kemampuan dasar ” Baca Tulis
dan Hitung, ” Pengetahuan serta keterampilan dasar yang bermanfaat bagi peserta
didik.
3.
Menjadikan peserta didik yang sehat jasmani
dan rohani.
4.
Memberikan bekal peserta didik agar memiliki
dasar-dasar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk melanjutkan
pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
5.
Menjadikan peserta didik mengenal dan
mencintai bangsa, masyarakat, dan kebudayaannya.
6.
Menjadikan Peserta didik yang kreatif, terampil, dan bekerja untuk dapat
mengembangkan diri secara terus menerus.
b) Tujuan Khusus Pendidikan SD Negeri 1 Manggar
Belitung Timur
b.
Sekolah memiliki perangkat KTSP yang lengkap, mutakhir
dan berwawasan kedepan serta melaksanakan verifikasi kurikulum yang relevan
dengan kebutuhan peserta didik .
c.
Sekolah menghasilkan silabus dan RPP untuk kelas I s.d VI
semua mata pelajaran
d.
Memiliki nilai Ujian Nasional Tahun rata-rata 5,00 dan nilai rata-rata diatas SKBM setiap tahun
hingga dengan kelulusan 100% keatas.
e.
Memiliki kelompok siswa yang menjadi pemenang I lomba olympiade
MIPA dan lomba Kreatifitas Siswa tingkat
SD se-Kabupaten Belitung Timur.
f.
Memiliki siswa yang mampu meraih prestasi ditingkat
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baik bidang akademik maupun non akademik.
g.
Memiliki siswa yang diterima di kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Standar Nasional (SMPSN) diatas 90% pada Tahun Pelajaran 2012/2013
h.
Memiliki siswa yang melanjutkan ke kelas VII sebanyak
100% pada Tahun Pelajaran 2012/2013
i.
Memiliki Tim O2SN yang mampu meraih finalis tingkat SD
se-Kabupaten Belitung Timur Tahun 2012, bahkan sampai ke tingkat
Nasional.
j.
Memiliki guru yang profesional dalam pengembangan
kreatifitas pembelajaran dan mampu mengimplementasikan dalam kegiatan PBM pada
tahun pelajaran 2012/2013.
k.
Mampu meraih juara sekolah sehat dan sekolah model
berbudaya lingkungan serta sebagai juara wiyata mandala tingkat Kabupaten
Belitung Timur pada tahun pelajaran 2012/2013
BAB II
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Penyelenggaraan
pendidikan yang berkualitas sangat terkait erat dengan keberhasilan peningkatan
kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tanpa
mengabaikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan prasarana serta
pembiayaan. Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang
peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru
dan mutu pendidikan di sekolah.
Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat
ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah dan kerja sama dengan guru
dan seluruh elemen sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di
lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya
tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu melihat adanya
perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi.
Kepemimpinan kepala sekolah sangat menunjang akan
tercapainya pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan
sekolah yang efektif dan efisien, kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di
tingkatan sekolah dan ujung tombak utama dalam mengelola pendidikan diharapkan
mampu memegang tugas dan bertanggung jawab memegang peran aktif dalam memajukan
sekolah / lembaga pendidikan.
Banyak faktor penghambat tercapainya kualitas
keprofesionalan kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk sekolah yang
berprestasi dan diiringi dengan membentuk karakter peserta didik. Diperlukan
wawasan seorang kepala sekolah dan kerjasama dengan seluruh elemen sekolah
termasuk guru dan orang tua siswa. Sehingga keberhasilan sekolah bisa terwujud
dengan baik.
Selain itu juga diperlukan kerja keras yang maksimal
sehingga akan menghasilkan yang lebih baik dari sebelumnya. Salah satunya dapat
mewujudkan menjadi sekolah yang berprestasi, baik dari sekolah, guru maupun
siswanya
B.
Permasalahan
Berdasarkan
uraian pada latar belakang masalah, dapat dikemukakan rumusan permasalahan
sebagai berikut:
1.
Bagaimana sekolah yang berprestasi
yang dilandasi karakter?
2.
Bagaimana
upaya kepala sekolah yang untuk
menjadikan sekolah yang berprestasi dan yang diiringi dengan pendidikan
karakter?
C.
Strategi Pemecahan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang
ada di SD Negeri 1 Manggar tersebut, maka penulis
mengambil langkah strategi pemecahan
masalah selain funishment dan reward, juga melibatkan pemberdayaan guru dan
komite di sekolah.
Guru dan
komite yang dilakukan di sekolah
diartikan sebagai Team Pengembang Sekolah yang melakukan kegiatan
memetakan kondisi sekolah, mengidentifikasi masalah-masalah yang ada, membuat
rencana tindakan penanganan masalah, mengevaluasi pelaksanaan tindakan dan
menindak lanjuti hasil evaluasi.
Guru dan
Komite sekolah dapat berfungsi sesuai harapan penulis dalam meningkatkan
mutu sekolah, langkah-langkah yang penulis lakukan sebagai
berikut:
1.
Bagi Guru
a.
Merangkul semua guru di SD Negeri 1 Manggar
untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di
sekolah.
b.
Menyadarkan dan membimbing guru memahami
pentingnya peningkatan mutu layanan pendidikan bagi siswa.
c.
Membagi
tugas tambahan bagi guru selain tugas pokok mengajar, juga membimbing dan
melatih siswa dalam bidang kegiatan lomba-lomba maupun pembentukan karakter.
d.
Menyarankan
kepada seluruh elemen sekolah agar memanfaatkan lingkungan dan
sarana yang ada di sekolah.
e.
Membuat
agenda pertemuan rutin, khusus hari sabtu (sekitar 2 jam) membahas permasalahan
yang ada dan mencari solusinya.
f.
Melaksanakan
tindakan yang telah direncanakan dengan mempertimbangkan sumber daya yang
dimiliki.
g.
Mengevaluasi
kegiatan dan menindaklanjuti hasil evaluasi
2.
Komite dan Masyarakat
a.
Merangkul dan beradaptasi dengan Komite/masyarakat untuk menjalin hubungan harmonis demi memfasilitasi untuk kemajuan
memperbaiki sarana prasarana di sekolah.
b.
Merangkul
lembaga yang terkait seperti PT Timah dan PT Kelapa Sawit dalam hal
mengembangkan potensi siswa seperti memberikan bantuan kepada SD Negeri 1
Manggar untuk study banding dengan SD Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta
c.
Komite / Masyarakat ikut andil dalam
mengembangkan perbaikan sekolah.
d.
Komite
bersama dengan pihak sekolah mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dan yang
akan dilaksanakan.
BAB III
PELAKSANAAN
A.
Tahap Perencanaan
Prosedur/langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.
Sosialisasasi
Dengan
adanya kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur yang menetapkan SD
Negeri 1 Manggar untuk menjadi sekolah yang berbasis prestasi dan pendidikan
karakter yang seimbang, sehingga memberikan peluang untuk lebih meningkatkan
prestasi sekolah yang dilandasi dengan pendidikan karakter. Dengan demikian
maka memberikan kesempatan untuk berbenah. Yang pertama adalah mensosialisasikan kepada kepala sekolah, guru,
dan tenaga kependidikan lainnya. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menyamakan
persepsi tentang konsep pendidikan karakter. Materi sosialisasi antara lain
menyangkut kebijakan Kemdiknas, konsep pendidikan karakter serta bagaimana
mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam KTSP.
Kemudian
sosialisasi dilanjutkan oleh sekolah secara mandiri dengan melibatkan komite
sekolah serta orang tua. Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi di antara
pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di lingkungan SD Negeri 1 Manggar.
2.
Pengembangan dokumen kurikulum yang mengandung nilai-nilai
pendidikan karakter
Pengembangan
kurikulum diawali dengan melakukan analisis konteks dilakukan untuk mengetahui
kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan pada SD Negeri 1 Manggar, terutama
yang berhubungan dengan pelaksanaan pendidikan karakter. Hasil analisis kontek
memperoleh data bahwa WC kurang bersih dan sampah yang belum terkelola, kantin
belum memadai, padahal sekolah memiliki peluang memungkinkan menjadi sekolah
yang religius, disiplin, peduli lingkungan dan bersih serta berprestasi ini
akan digunakan untuk menyusun dokumen I dan dokumen II kurikulum yang
mengintegrasikan pendidikan karakter. Berdasarkan analisis konteks ditetapkan
nilai-nilai yang diprioritaskan untuk dikembangkan, yaitu religius, jujur,
perilaku hidup bersih dan disipilin serta senyum sapa salam, sopan,
santun (5S). Nilai religius ditetapkan karena adanya sarana ibadah mushola,
serta pendidikan dan letak sekolah berada di tepi Jalan raya serta perilaku
hidup bersih dan sehat. Proses ini merupakan lanjutan dari nilai-nilai yang
sudah diterapkan selama ini.
3.
Menyusun Rencana Aksi Sekolah (RAS)
Rencana
aksi sekolah disusun melalui penelaahan terhadap Rencana Kerja Sekolah yang
telah disusun secara komprehensif sebelumnya. Pada rencana aksi sekolah
unsur-unsur yang berkaitan dengan pendidikan karakter di programkan dan di
integrasikan secara khusus.
4.
Workshop Penyusunan Dokumen I dan II
Tim
pengembang kurikulum SD Negeri 1 Manggar, selanjutnya mengadakan workshop
penyempurnaan dokumen I dan dokumen II yang mengintegrasikan pendidikan
karakter dengan mempertimbangkan hasil analisis konteks dan Rencana Aksi
Sekolah (RAS). Penyempurnaan dilakukan terhadap dokumen I kurikulum (antara
lain visi, misi, dan tujuan sekolah) dan dokumen II (silabus dan rencana
pelaksanaan pembelajaran).
Penyempurnaan
terhadap dokumen I dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan
karakter ke dalam rumusan visi dan misi yang didasarkan pada analisis kebutuhan
sekolah, diawali dengan temuan masih rendahnya tingkat prestasi sekolah baik
akademik maupun non akademik dan rendahnya tingkat kebersihan sekolah, Peluang
kekuatan SD Negeri 1 Manggar sebenarnya dapat terlihat dari tempat yang
strategis, memiliki sejarah nama besar sebagai sekolah unggulan dan peluang
kerjasama komite sekolah yang kuat. Melalui analisis tersebut membawa warga
sekolah untuk membuat penyempurnaan visi dan misi sekolah. Hasil penyempurnaan
terhadap dokumen I tersebut antara lain sebagai berikut:
A.
Visi SD
Negeri 1 Manggar Belitung Timur
”Berkesempatan, Beriman,
Berbudi, Berbudaya dan Dapat dipercaya dengan berpegang
teguh pada Nilai-Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa“
Untuk mengetahui ketercapaian visi tersebut, maka
ditetapkanlah beberapa indikator pencapaian, yaitu :
1)
Unggul dalam peningkatan proses pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Inovatif
dan Menyenangkan
2)
Unggul dalam peningkatan nilai Ujian Sekoah yang Jujur
3)
Unggul dalam IMTAQ
4)
Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
5)
Unggul dalam pelayanan perpustakaan
6)
Unggul dalam pelayanan UKS
7)
Unggul dalam kedisiplinan siswa
8)
Unggul dalam peran serta masyarakat.
B.
Misi SD Negeri 1 Manggar Belitung Timur
1.
Melaksanakan pembelajaran dengan strategi PAIKEM.
2.
Meningkatkan kemampuan dan profesional guru
dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
3.
Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan IMTAQ
melalui kegiatan pembiasaan siswa (do’a, baca tulis Al-Quran, sholat dan infak siswa).
4.
Meningkatkan frekwensi bimbingan belajar siswa
( bimbel olympiade MIPA, dan pelajaran tambahan).
5.
Meningkatkan frekwensi latihan olahraga,
kesenian, keterampilan prestasi.
6.
Meningkatkan layanan perpustakaan.
7.
Meningkatkan layanan pembinaan UKS.
8.
Menjalin hubungan yang harmonis dengan semua
pihak yang peduli pendidikan.
9.
Mengembangkan sikap dan perilaku religiusitas
di lingkungan dalam dan luar sekolah
10.
Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin
tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja
keras, kreatif, dan mandiri untuk menciptakan
peserta yang berkarakterdan bermartabat.
11.
Menanamkan kepedulian sosial dan lingkungan,
cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan hidup demokratis
12.
Meningkatkan prestasi Akademik dan non akademik
dari tahun ke tahun
13.
Berbicara Bahasa Indonesia dan memiliki pengetahuan
Bahasa Inggris yang memadai
14.
Menciptakan lingkuangan yang ASRI (Aman, Sehat,
Rindang dan Indah)
Penyelenggaraan
pendidikan karakter di SD Negeri 1 Manggar dilakukan melalui 3 (tiga) cara,
yaitu:
a)
Mengintegrasi ke setiap mata pelajaran
b)
Melalui
mata pelajaran muatan lokal
c)
Melalui
pengembangan diri
a)
Pengintegrasian ke Setiap Mata Pelajaran
Mengintegrasikan
nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran degan tujuan untuk menanamkan
nilai-nilai pada peserta didik akan pentingnya pendidikan karakter, sehingga
diharapkan setiap peserta didik mampu menginternalisasikan nilai-nilai itu ke
dalam tingkah laku sehari-hari melalui proses pembelajaran, baik yang
berlangsung di dalam maupun di luar kelas. Pada dasarnya kegiatan pembelajaran,
selain untuk menjadikan peserta didik menguasai kompetensi (materi) yang
ditargetkan, juga dirancang untuk menjadikan peserta didik mengenal,
menyadari/peduli, dan menginternalisasi nilai-nilai dan menjadikannya perilaku.
Selanjutnya kompetensi dasar yang dapat diintegrasikan nilai-nilai pendidikan
karakter tersebut dikembangkan pada silabus dan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP).
b)
Mengintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal
Muatan
lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang
disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah,
yang materinya tidak dapat dikelompokan ke dalam mata pelajaran yang ada.
Substansi muatan lokal meliputi Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta dan Bahasa
Inggris.
Muatan
Lokal yang dipilih ditetapkan berdasarkan ciri khas, potensi Daerah Kabupaten
Belitung Timur dan tuntutan atas kemampuan bahasa Inggris, serta ketersediaan
lahan, sarana prasarana, dan tenaga pendidik. Sasaran pembelajaran muatan lokal
adalah juga pengembangan jiwa kewirausahaan dan penanaman nilai-nilai budaya
sesuai dengan lingkungan. Nilai-nilai kewirausahaan yang dikembangkan antara
lain inovasi, kreatif, berpikir kritis, eksplorasi, komunikasi, kemandirian,
dan memiliki etos kerja. Nilai-nilai budaya yang dimaksud antara lain
kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kepekaan terhadap lingkungan, dan kerja
sama.
Penanaman
nilai-nilai kewirausahaan dan budaya tersebut diintegrasikan di dalam proses
pembelajaran yang dikondisikan supaya nilai-nilai tersebut dapat menjadi sikap
dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
Muatan
Lokal merupakan mata pelajaran, sehingga satuan pendidikan harus mengembangkan
standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) untuk setiap muatan lokal
yang diselenggarakan.
c)
Melalui Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan
pengembangan diri di SD Negeri 1 Manggar meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler
sesuai dengan minat dan bakat siswa, seperti:
1.
Kegiatan
ekstra kurikuler (kewiraan melalui pramuka dan drumband, Volly, Silat dan
Marawis dan Tari).
2.
Kegiatan
pembiasaan (kegiatan rutin melalui upacara bendera dan ibadah bersama).
3.
Kegiatan
terprogram melalui pesantren Ramadhan, buka puasa bersama, pelaksanaan Idul
Qurban, peringatan Isro Mi’raj.
4.
Keteladanan
melalui pembinaan ketertiban pakaian seragam anak sekolah (PAS), pembinaan
kedisiplinan, penanaman nilai akhlak mulia, penanaman budaya minat baca,
penanaman budaya bersih di kelas dan lingkungan sekolah, penanaman budaya
hijau.
5.
Kegiatan
nasionalisme melalui perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, peringatan
hari pahlawan, peringatan hari pendidikan nasional.
6.
Kegiatan
belajar di luar kelas melalui penggunaan sarana lingkungan sekolah sebagai
sumber belajar dan kunjungan belajar serta studi banding.
Untuk
mendukung semua kegiatan tersebut diberlakukan peraturan tata tertib sekolah
terdiri dari : orang tua peserta didik baru harus menandatangani pernyataan
untuk mematuhi Tata Tertib peserta didik baik kesanggupan mendidik di rumah
sebagai teladan bagi putraputrinya juga di sekolah; adanya Tata Tertib
Karyawan; Tata Tertib Perpustakaan; Tata Tertib Laboratorium; Tata Tertib Masuk
Toilet; dan Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah.
B.
Tahap Pelaksanaan
Untuk menjadikan
sekolah yang memiliki prestasi dan pengembanga nilai-nilai pembentuk karakter
melalui pengkondisian diperlukan sarana yang memadai serta pembimbingan. SD
Negeri 1 Manggar melengkapi sarana serta pembingan siswa yaitu ;
1.
Sarana
ibadah Musholla, dalam rangka mengembangkan nilai religius, siswa dibiasakan
shalat dzuhur dan dhuha berjamah yang dilakukan di Mushalla secara bergantian
sesuai jadwal; pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran; membaca Al Qur’an/Juz Amma dan terjemahannya, dan
Asmaul Husna pada pagi hari; kultum setiap
Jum’at pagi yang diisi oleh peserta didik, guru ataupun dari pihak luar,
membaca surat Yasin serta Infak Sekolah setiap Jumat pagi untuk kelas IV, V dan
VI, pesantren kilat Ramadhan, pelaksanaan buka puasa bersama, pelaksanaan ‘Idul
Qurban, merayakan hari-hari besar keagamaan; serta guru piket menyambut
kedatangan siswa pagi hari di gerbang sekolah sambil bersalaman dan diiringi dengan musik
dan lagu- lagu bernuansa Islam dan Asmaul Husna serta lagu nasional. (Fhoto
Kegiatan Imtaq terlampir)
2.
Membina
dan membimbing siswa, 2 jam setiap hari, guna mempersiapkan berbagai kegiatan
lomba yang dilaksanakan oleh pihak-pihak yang terkait, seperti Gema Muharram,
FL2SN, O2SN dan lain-lain. Sehingga mengahasilkan siswa yang berprestasi. (Fhoto
Kegiatan, Piagam Siswa dan Daftar Prestasi Terlampir)
3.
Melaksanakan
pembelajaran secara langsung bagi siswa yakni ke tempat sejarah maupun
tempat-tempat yang dianggap penting di
Jakarta dan Yogyakarta sehingga menambah pengetahuan siswa dan guru yang
melibatkan komite/masyarakat. (Fhoto Kegiatan terlampir)
4.
Membuat
tempat cuci tangan pada setiap depan kelas untuk mewujudkan perilaku hidup
sehat, melengkapi tempat sampah yang bertuliskan sampah organik, Non Organik
dan B3. Setiap ruangan sekolah baik di dalam maupun di luar dihiasi dengan kata-kata
mutiara, semboyan, tulisan Asmaul Husna, ayat Alqur’an dan hadist nabi.
Mengelola lahan pertanian yang tersedia untuk menanamkan perilaku wirausaha dan
pendidikan ekonomi kreatif, dimanfaatkan untuk ; Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
diantaranya : (Jahe,Sirih,Kunyit,Lengkuas, dan lain-lain); Warung Hidup
diantaranya : Cabai, Bayam, dan lain-lain ; Lumbung Hidup diantaranya : Ubi
kayu, Pisang, Pepaya, dan lain-lain ; Vertukultur diantaranya : Sawi, kangkung
dan lain-lain.
5.
Memberdayakan
Kantin Sekolah terdiri dari kantin sehat dan kantin kejujuran yang
terdiri dari 5 penjaja kantin termasuk kantin kejujuran; pengelolaan kantin
Sekolah cukup memadai, penjaja kantin selalu memakai celemek dan sarung tangan
serta masker; Jajanan Siswa disediakan dikantin dan selalu diperiksa secara
berkalah oleh Tim Puskesmas dan Badan POM Belitung Timur. Menu makanan di atur
oleh kantin sehingga tidak membosankan anak peserta didik.
C. Faktor-Faktor
Pendukung
Supaya kegiatan atau program akan
terleksana maka diperlukan faktor-faktor pendukung seperti dibawah ini:
1.
Kepala SD Negeri 1 Manggar sebagai fasilitator dalam
kegiatan program.
2.
Kebersamaan atau
kekompakan guru menjadi modal utama dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik di SD Negeri 1 Manggar.
3.
Komite Sekolah dan Masyarakat turut membantu untuk kemajuan sekolah.
BAB IV
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI OPERASIONAL
A.
Rumusan
Simpulan
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1.
Kepala
sekolah, guru dan komite/masyarakat dapat meningkatkan prestasi sekolah dan pendidikan karakter di SD Negeri
1 Manggar.
2.
Peningkatan
pemahaman guru terhadap pentingnya pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai salah satu sumber belajar dengan menyadarkan
dan membimbing guru memahami pentingnya memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai
salah satu sumber belajar, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan
pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip
bentuk pembelajaran yang berpihak pada pembelajaran melalui, relating, experienting, actuating,
contekstual, transferring.
3.
SD Negeri 1 Manggar dapat dijadikan
sekolah unggul di Kabupaten
Belitung Timur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.
B.
Rekomendasi
Operasional
1. Kepada Dinas Pendidikan atau instansi terkait sebagai bahan masukan
dalam mengambil kebijakan/keputusan sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan
profesionalisme guru termasuk meningkatkan mutu pendidikan.
2. Kepada pengawas sekolah, dapat membantu dalam membimbing
dan mengawasi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehingga dapat meningkatkan
kompetensi dan profesionalisme guru.
3. Kepada pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah selaku pemimpin pendidikan perlu
terus melakukan inovasi pengelolaan sekolah dalam rangka mewujudkan visi dan
misi sekolah.
4. Kepada Komite sekolah dan masyarakat meningkatkan
kerjasama dengan pihak sekolah.
5. Kepada guru-guru khususnya guru di SD Negeri 1 Manggar, dengan kemampuannya untuk berubah perlu terus
melakukan inovasi pembelajaran dalam rangka menjadikan pembelajaran yang
efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar