Sosok Guru Yang Ditunggu Bangsa
Sosok Guru Yang Ditunggu Bangsa cms-formulasi Guru
merupakan cermin profesi yang mulia karena itu sering banyak orang memanggil “
pahlawan tanpa tanda jasa”.Betapa tidak dengan kesungguhan seorang guru dalam
mendidik muridnya hingga suatu saat murid tersebut sukses ,ia tidak terlihat
mentereng dengan titel jendral,brigadir atau apa saja di pakaiannya.Namun sosok
guru seperti apakah yang semestinya hadir di zaman sekarang ini ?.Mungkin itu
menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang berkecimpung dalam dunia pendidkan
terutama untuk para akademisi atau pemangku jabatan fungsional di daerah
setempat terkait. Melihat fenomena guru dalam institusi pendidikan khususnya
,guru merupakan objek yang menjadi sorotan utama investigasi bagi keberhasilan
para anak didik/siswa. Hal ini karena guru menyentuh secara langsung para anak
didik terutama saat –saat jam bersekolah.Maka itu , dituntut sangat penting
sekali untuk guru menguasai berbagai keahlian atau dengan kata lain
“multi-talent” terlebih untuk ukuran zaman sekarang yang serba canggih dalm hal
teknologi.Tidak hanya itu, ia pun dituntut mensukseskan perangai anak didiknya
agar selaras dengan apa yang menjadi harapan sekelilingnya terutama orang
tuanya kelak. image_thumb Perlu disampaikan pula beberapa fakta mencengangkan
terkait profesi guru ini dalam kapasitasnya sebagai pendidik. Diantaranya ,
terdapat keprihatinan bahwa terdapat beberapa guru yang kurang menguasai
teknologi alias “gaptek” disamping itu dalam perencanaan pengajaran pun mereka
tak jarang “menambul” atau dengan seadanya mengajar tanpa membuat administrasi
pengajaran sebagai tahap perencanaan seperti RPP,SILABUS,PROMES,PROTA dsb.Hal
tersebut membuat asusmsi sebagian pihak menyangsikan akan kualitas guru sebagai
pendidik pada akhirnya. Maka itu , untuk menjawab tantangan diatas terkait
bagaimana sosok guru yang semestinya ada untuk zaman sekarang ini yakni sosok
guru yang di tunggu bangsa ,berikut ini disajikan sosok guru sbb . 1) Menggugah
dan mengubah Kategori guru seperti ini merupakan sosok guru yang melandaskan
dirinya pada kata “perubahan”. Mengapa perubahan ? hal ini karena bagi dirinya
“impact” dari suatu tindakan adalah perubahan yang tentunya bersifat positif
dan lebih baik.Jadi segala apa yang ia lahirkan berupa pembicaraan maupun
perbuatan ia fokuskan untuk suatu perubahan yang berarti bagi para anak
didik.sebagai contoh, seorang guru selalu datang tepat waktu ke sekolah bahkan
awal waktu sebelum bel sekolah berbunyi.Dalam hal ini ia mencontohkan
kedisiplinan waktu. Berbicara menggugah dan mengubah , bagi seorang guru ia
harus komitmen menjadi sosok guru yang mampu memberikan contoh/teladan yang
menggugah perasaan anak didiknya sekaligus merubah cara pandang anak didiknya
menjadi lebih baik.Jadi sosok guru kategori ini lebih pada aspek keteladanan
yang berimbas pada perubahan anak didik sehingga anak didik yang tadinya sering
berlaku salah menjadi baik dan berubah terus lebih baik karena ia tersentuh
oleh pesona gurunya yang memberikan teladan baik sikap maupun ucap untuknya.
Namun perlu digaris bawahi bahwasanya , sosok guru seperti ini tidak terjerumus
pula pada lembah pujian dan cacian artinya ia melakukan pemberian keteladanan
dalam bentuk ucap maupun sikap semata-mata hanya karena Tuhan YME dan fokus
untuk perubahan kearah lebih baik bagi sang anak didiknya.sehingga tidak akan
terlihat bagi sosok guru ini haus pujian,takut cacian bahkan bingung dengan
desakan beberapa pihak terkait jika pada nantinya terjadi. Tentunya, anak didik
pun dalam berjalannya waktu serta apa yang dinamakan proses pendidikan ,
pastinya akan berubah atau termotivasi baik karena memiliki hati nurani yang
mampu tersentuh manakala pancaran keteladanan seorang guru sebagai pendidik. 2)
Pelopor kebenaran Sosok guru berikutnya ialah sang pelopor kebenaran. Sosok
guru seperti ini menjadi idaman untuk zaman sekarang karena tak jarang terdapat
pula guru yang bermental lemah terlebih ciut manakala bertemu dengan prosedur
atau pemangku kekuasaan diatasnya hingga ia tak berkutik menghadapinya. Untuk
kategori guru jenis ini ia melandaskan dirinya pada “perjuangan” dimana ia akan
memperjuangkan sekuat tenaga hal ihwal kebenaran karena bagi dirinya “berani
karena benar takut karena salah” telah menjadi salah satu prinsip hidupnya.
Memang kebenaran dimanapun sering menjadi mainan atau bahkan “buta” ketika uang
ataupun jabatan ataupun pula politik dan lain halnya datang menghadang ,sama
halnya dalam dunia pendidikan.sebagai contoh seorang guru memiliki predikat
baik dan kinerja yang hebat terpaksa dimutasikan oleh kepala sekolahnya karena akan
ada anak bupati yang menjadi guru di sekolahnya.Namun perlu dilandaskan pula
bahwa kebenaran merupakan nilai yang agung yang terhormat dimana setiap manusia
akan meridoinya dalam hati nurani masing-masing. Sosok guru sebagai pelopor
kebenaran adalah ia yang sering menjadi awal atau terdepan ketika terdapat hal
yang mencoreng nilai kebenaran itu sendiri ,ia tidak memperdulikan akibat yang
akan terjadi setelahnya selama ia setelah mendapat pertimbangan akal dan
nuraninya ia merasa dalam jalan benar bukan memperjuangkan kesalahan.tentunya
jika semua guru di daerah setempat memiliki jiwa menjunjung kebenaran yang
tinggi pastinya buah manis akan terpetik dengan sendirinya seperti kenyamanan
sekolah, suasana kekeluargaan sekolah,nama baik dari masyarakat yang mengangkat
dsb. 3) Bukan pemain Untuk kategori terakhir , sosok guru yang menjadi panutan
adalah bukan pemain. Maksudnya ia menjadi guru atau telah menyandang sebagai
guru tidak berniat untuk “manipulasi” atau “korupsi” baik itu waktu,tenaga
bahkan keuangan.Bukannya ia tidak suka manipulasi namun ia menyadari secara
sepenuhnya bahwa hal tersebut keji dan menyalahi nilai kebenaran. Sebagai
tenaga pendidik ia sadar betul bahwa hal tersebut merupakan ketimpangan yang
akan berujung pada kehancuran dalam hidupnya.Mengapa demikian ? hal tersebut
karena ia meyakini akan adanya “pembalasan” dimana kejadiannya apakah saat ia
masih hidup ataupun setelah tiada.Dan lagi pula salah satu hal yang ia takuti
jika ia melakukan demikian adalah hilangnya ketenangan bagi jiwanya yang mana
ketenangan merupakan salah satu nikmat Tuhan yang sangat luar biasa dalam
hidup. Berbicara mengenai korupsi ini pada dasarnya seorang guru bisa terjadi
melakukan hal demikian walaupun terlihat sepele,seperti korupsi waktu dimana ia
malas masuk dengan dalih sakit hingga akhirnya ia hanya memberikan tugas saja
pada anak didik atau dalam hal lainnya ia mengadakan ujian praktek sekolah dan
melakukan “mark-up” dananya sehingga mendapat keuntungan fantastis dari itu.
Jadi itulah beberapa sosok guru yang ditunggu pada saman sekarang ini dimana
mereka merupakan sosok guru yang tidak hanya meraih kemanfaatan buat dirinya
tetapi berimbas pada kemanfaatan di sekelilingnya pada anak didik,patner guru
lain,kepala sekolah,bahkan masyarakat sekitar dan orang tua anak didik. Maka
itu sangat wajar sebenarnya bagi para guru untuk memperoleh perhatian yang
lebih dari pemerintah dalam bentuk kesejahteraan finansial dan fasilitas yang
memadai karena mereka memangku tugas fungsional yang tidak gampang yakni salah
satunya mendidik para siswa sebagai generasi penerus bangsa.Semoga untuk para
guru bisa menjadi sosok guru seperti diatas yang menjadi sosok guru yang di
tunggu bangsa..... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2013/04/sosok-guru-yang-ditunggu-bangsa.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar