Kamis, 03 Oktober 2013

Visi dan Misi Sebagai Guru


Visi dan Misi  Sebagai Guru

Oleh: Sadi Suharto, S.Ag
Saya sebagai guru memiliki prinsip hidup yang diajarkan orang tua yaitu  menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri, keluarga dan lebih besar lagi masyarakat bangsa, Negara dan agama. Visi saya sebagai guru adalah: “Menjadi guru professional yang dicintai  dan disegani siswa” Selama saya menjadi siswa hingga menjadi guru selama 20 tahun saya mengamati para pola pikir  siswa. Seorang siswa akan  mengidolakan dan senang pada guru apabila: nilai ulangan  siswa bagus, mengajarnya mudah diterima, memberi motivasi siswa untuk maju, membimbing siswa dengan sabar, guru bisa memberi rasa aman saat suasana belajar (smart). Untuk itu penulis berusaha mewujudkan keinginan siswa itu.
Untuk  mewujudkan visi itu saya memiliki misi yaitu:
1)      Selalu disiplin menjalankan tugas.
2)      Memberikan pengajaran yang menarik berganti-ganti metode dan model pembelajaran sesuai materi,
3)      Memberi penghargaan (reward) pada anak yang taat dan selalu disiplin menjalankan tugas dan peraturan sekolah.
4)       Menamkan kejujuran saat ulangan dan berperilaku
5)       Menanmakan sopan santun saat berbicara dan bersikap. saya terinspirasi oleh Kepala Sekolah, saat beliau berkata yang sifatnya menyuruh selalu mengggunakan kata-kata “minta tolong dengan lemah lembut dan apabila sudah selesai selalu mengatakan terima kasih” selain itu pula kami diajarkan secara tidak langsung untuk selalu saling memaafkan dengan cara setiap selesai kegiatan apapun pasti ditutup dengan saling bersalaman. Dan masih banyak yang diajarkan oleh beliau kepada kami baik secara langsung maupun tidak langsung.

3 komentar: